Menghadiri “European Atheist Convention 2012” di Köln, Jerman

Pada tahun 2009 lalu untuk pertama kalinya keberadaan kaum tidak beragama di Indonesia mulai terdengar di dunia. Dua tahun setelahnya IA berkembang pesat dan mulai berafiliasi dengan beberapa organisasi dunia, salah satunya Atheist Alliance International (AAI). Pada tahun ini saya menghadiri konvensi internasional di Jerman dan bertemu dengan berbagai tokoh ateis, freethinker, humanis, aktivis HAM dari seluruh dunia, dan berbagi cerita tentang perkembangan intoleransi di Indonesia yang mengkhawatirkan. Berikut ini beberapa foto yang sempat saya ambil dan sedikit cerita dibalik tokoh-tokoh yg ada di foto:

1). Berbincang dengan Taslima Nasrin, penulis dan feminis terkenal dari Bangladesh yg mengkritik perlakuan Islam terhadap perempuan. Hasil karyanya menyebabkan dirinya mendapatkan berbagai ancaman mati dan tidak diperbolehkan kembali ke tanah airnya. Itu kalungnya harusnya dipakai oleh perempuan yg menikah untuk membawa rejeki bagi suaminya. Taslima sendiri tidak menikah, dia mengenakan kalung tsb sebagai bentuk protes, bahwa kalung itu bisa dikenakan sebagai simbol membawa rejeki bagi diri sendiri (diri perempuan yang memakainya).

2). Dengan Dan Barker, dia bersama dgn istrinya menjadi presiden dari FFRF (freedom from religion foundation), organisasi yg pasang iklan billboards tentang atheism, dan juga berjuang di pengadilan untuk kasus-kasus pro-sekularisme sampai tingkat Supreme Court di AS.

Yang di kanan adalah Leo Igwe, pahlawan besar di kalangan aktivis, aktivis Nigeria yg sempat kerja lama di IHEU, dan menyelamatkan banyak anak-anak di Afrika yg dituduh witchcraft (penyihir), dimana mereka diperkosa dan dibunuh karenanya. Leo sempat terancam fisik karena jasa-jasanya tersebut.

Perhatikan kaos INDONESIA BUKAN NEGARA AGAMA yg saya kenakan. Banyak orang asing penasaran dan menanyakan apa artinya🙂

3). Ngopi dan bercerita dengan PZ Myers tentang Indonesia dan diskriminasi yang banyak terjadi di negara kita

4). Yang di tengah itu Annie Gaylor, istri Dan Barker dan co-president FFRF. Yang di kanan adalah Michael Nugent, aktivis, penulis buku, dan pimpinan Atheist Ireland, yg sedang menentang hukum anti-Blasphemy yg baru diterapkan di Irlandia

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Menghadiri “European Atheist Convention 2012” di Köln, Jerman

  1. Pingback: Erholungsurlaub | Flaschenpost

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s